Syarat Pendaftaran Kedokteran UPI yang Dibuka Mulai Hari ini

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Bandung – Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI Bandung membuka pendaftaran mahasiswa baru S1 program studi kedokteran pada 10-16 Agustus 2023. Pembukaan program baru itu melalui jalur Seleksi Mandiri.

Menurut Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Didi Sukyadi, seleksi dilakukan oleh UPI secara mandiri. “Hasilnya ditetapkan berdasarkan kombinasi Tes Potensi Skolastik, Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris serta Tes Kemampuan Mata Pelajaran Kimia dan Biologi,” ujarnya, Kamis, 10 Agustus 2023.

UPI, menurut Didi, berupaya agar perkuliahan mahasiswa program studi kedokteran sama seperti mahasiswa baru dari program studi lain, yaitu mulai 1 September 2023. Mahasiswa baru kedokteran juga akan diperlakukan sama untuk ikut kegiatan masa orientasi kampus dan kuliah umum.

“Insya Allah tahun depan prodi kedokteran akan dibuka melalui jalur SNBP dan SNBT juga,” kata Didi.

Syarat pendaftaran

UPI menetapkan sejumlah syarat bagi calon mahasiswa baru kedokteran:

– Warga negara Indonesia

– Lulusan Ssekolah Menengah Atas sederajat pada 2023 hingga 2021

– Mempunyai kesehatan fisik dan bebas buta warna yang dibuktikan oleh Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna dari rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas)

Iklan

Pendaftaran dilakukan secara daring atau online pada laman https://pmb.upi.edu.  Setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk mendaftar, kemudian mengisi formulir pernyataan kesediaan membayar biaya pendidikan. Hasil pengisian formulir selanjutnya diunggah pada proses pendaftaran Seleksi Mandiri Fakultas Kedokteran UPI. 

Biaya pendaftaran lewat bank sebesar Rp 350 ribu hingga 16 Agustus 2023 pukul 15.00. Sementara pengisian biodata peserta secara daring berakhir pada 16 Agustus 2023 Pukul 23.59 WIB.

Setelah itu pendaftar mencetak kartu peserta untuk ujian seleksi pada 18-20 Agustus 2023. Pengumuman hasil ujian seleksi pada 22 Agustus 2023  

Pembukaan program studi kedokteran S1 dibuka setelah UPI menerima Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) Nomor OO27/LAM-PTKes/Akr PSB.PTN-BH/Sar/VIII/2O23 tentang Rekomendasi Pemenuhan Persyaratan Akreditasi Minimum Program Studi Kedokteran pada Program Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Sejak 2008, UPI merintis Fakultas Kedokteran dan baru sekarang bisa membuka program studi kedokteran setelah pemerintah mencabut moratorium pembukaan fakultas kedokteran pada akhir 2022.

Pilihan Editor: UPI Bandung Buka Pendaftaran Mahasiswa Kedokteran, Berikut Jadwalnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *