Ratusan Buruh Demo di Kawasan Monas, Tuntut Upah Naik 15 Persen untuk Pulihkan Daya Beli yang Turun

Tak Berkategori

Rabu, 26 Juli 2023 – 15:59 WIB

Jakarta – Ratusan massa dari partai buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu selatan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2023. Massa buruh yang tadinya berkumpul di depan patung kuda dengan tujuan Gedung Mahkamah Konstitusi, kemudian diarahkan oleh petugas kepolisian untuk unjuk rasa di Gerbang Selatan Monas.

Baca Juga :

Bela Rocky Gerung, Elite PD: Relawan Jokowi Anti Kritik, Sedikit-sedikit Tempuh Jalur Hukum

Ratusan buruh yang turun ikut unjuk rasa diketahui berasal dari Jabodetabek, Purwakarta, Karawang, Serang, dan Cilegon.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, massa membawa tiga isu yang akan diusung yakni cabut omnibus law UU Cipta Kerja, naikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen, dan cabut UU Kesehatan.

Baca Juga :

Komitmen Dukung Ganjar di 2024, Buruh di Karawang Gaspol Bentuk Tim Pemenangan

“Aksi ini bersamaan dengan sidang lanjutan uji formil UU Cipta Kerja, yang salah satunya diajukan oleh Partai Buruh,” ujar Said dalam keterangannya, Rabu, 26 Juli 2023.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Baca Juga :

Buruh Minta UMP 2024 Naik 15 Persen, Apindo: Kita Ikut Formulasi Upah Sesuai UU Cipta Kerja

Said Iqbal mengatakan, para buruh yang turun ke jalan meminta kepada pemerintah, untuk kenaikan upah minimum 2024 naik 15 persen yang didasarkan pada makro ekonomi, inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi.

“Awal tahun lalu Pemerintah menerbitkan Permenaker No 5 Tahun 2023 yang memperbolehkan perusahaan memotong upah 25 persen. Sehingga kenaikan upah minimum sebesar 15 persen diharapkan bisa mengembalikan daya beli buruh yang turun tersebut,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Aksi buruh pada hari ini sudah dimulai pukul 10.30 WIB di mana titik kumpul berada di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Namun pantauan hingga kini massa sudah mulai membubarkan diri dengan bersiap masuk ke dalam bus masing-masing.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *