Piaggio Indonesia Kenalkan Motor Listrik Vespa Elettrica, Intip Spesifikasinya

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – PT Piaggio Indonesia bakal memperkenalkan Vespa Elettrica sebagai lineup motor listrik pertamanya di pasar otomotif Tanah Air. Meski telah diperkenalkan, namun Piaggio Indonesia belum secara resmi menjual motor listrik tersebut. 

Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan bahwa pihaknya bangga mempersembahkan Vespa Elettrica. Model ini, menurut dia, menjadi ikon paling modern dari teknologi asal Italia yang selalu hadir konsisten dengan keunggulannya. 

“Vespa Elettrica memang ideal bagi pelanggan yang menghargai perpaduan mobilitas konLosergeek.orgrer ramah lingkungan dengan gaya hidup premium ala Italia,” katanya dalam keterangan pers, Selasa, 9 Agustus 2023.

Secara spesifikasi, motor listrik ini ditenagai baterai lithium-ion. Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode ECO, serta jarak maksimal 70 km dalam mode POWER dengan fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. Fitur tersebut dapat mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara. 

Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak di tutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak langsung.

Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh setidaknya 4 hingga 8 jam, dengan tegangan 220 V, tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian.

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm. Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km/jam. 

Iklan

Terdapat pula sistem VESPA MIA yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. Didukung pula dengan panel instrumen digital yang menggunakan layar TFT berwarna ukuran 4,3 inci.

Dengan teknologi yang disematkan ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi utama kendaraan seperti kecepatan, mode berkendara, jarak tempuh yang tersisa dalam km, serta tingkat pengisian baterai.

Bahkan dalam panel tersebut, pengguna dapat melihat informasi yang lebih luas termasuk waktu dan jarak tempuh, kualitas berkendara ramah lingkungan, serta kapasitas energi. Selain itu, dapat ditampilkan pula statistik pada 30 perjalanan terakhir, push notification tentang status pengisian baterai, jumlah siklus pengisian ulang yang dilakukan, dan masih banyak lagi.

“Pengenalan Vespa Elettrica merupakan kontribusi awal Piaggio Group terhadap green mobility yang diharapkan akan semakin relevan di tahun-tahun mendatang, termasuk juga untuk lanskap otomotif Indonesia,” tutup Marco.

Pilihan Editor: Insentif Mobil Hybrid Akan Ditambah, Apa Pertimbangannya?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *