Dijatuh Hukuman 19 Tahun Lagi, Navalny Peringatkan Elite Rusia yang ‘Korup’

Tak Berkategori95 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta –¬†Pemimpin oposisi Rusia yang dipenjara Alexei Navalny pada Jumat, 11 Agustus 2023, memperingatkan elite Rusia karena kejahatannya, mengungkapkan kebencian terhadap mereka yang menyia-nyiakan kesempatan bersejarah untuk melakukan reformasi setelah jatuhnya Uni Soviet pada 1991.

Dalam esai 2.000 kata yang berapi-api sebagai tanggapan atas hukuman penjara tambahan 19 tahun yang berarti pria berusia 47 tahun itu tetap di penjara sampai dia berusia 74 tahun, Navalny mengatakan kebencian terkadang mengalahkannya.

Dia membedah sejarah pasca-Soviet Rusia termasuk warisan tokoh-tokoh paling kuat 1990-an seperti yang disebut reformis yang berusaha meletakkan dasar kapitalisme dan oligarki yang memperoleh kekayaan luar biasa.

“Saya tidak bisa menahan diri untuk tidak marah, sangat membenci mereka yang menjual, membuat marah, dan menyia-nyiakan peluang sejarah yang dimiliki negara kita di awal tahun sembilan puluhan,” Navalny mengatakan pernyataannya yang paling substantif sejak hukumannya pekan lalu.

Setelah keruntuhan Soviet, kata Navalny, elite Rusia telah menjual masa depan Eropa untuk jebakan despotisme korup yang tidak berguna: vila mewah, kemewahan oligarki, dan apa yang disebutnya “pemilihan palsu” ketika Boris Yeltsin memenangkan masa jabatan kedua pada 1996.

Para pemimpin Rusia, katanya, telah memilih kekayaan dolar AS daripada membangun demokrasi atau mengambil pelajaran dari masa lalu Soviet.

Dia mengungkapkan “kebencian” terhadap mereka yang berkuasa di 1990-an, memilih Yeltsin, arsitek reformasi ekonomi Anatoly Chubais, dan “para oligarki dan seluruh geng partai Komsomol yang menyebut diri mereka ‘demokrat'”.

Yeltsin, yang meninggal pada 2007, pemimpin Rusia yang paling berpengaruh pada 1990-an dan beberapa oligarki telah mengakui banyak kesalahan tetapi mengatakan bahwa mereka menghadapi situasi kacau yang membutuhkan keputusan yang radikal dan terkadang terburu-buru.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *