Top! Amar Bank Manfaatkan AI Biar Gen Z Mau Nabung

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR), Vishal Tulsian, menyebut teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mampu mendorong penguatan digitalisasi dan meningkatkan akuisisi nasabah. Untuk itu, Amar Bank memanfaatkan teknologi ini dalam menjaring nasabah baru, khususnya generasi Z (Gen Z).

“Ketika bertemu nasabah, banyak dari mereka ingin menabung. Bahkan Gen-Z, yang memiliki reputasi yang buruk karena mereka impulsif dan boros. Mereka sebenarnya ingin menabung tetapi butuh bantuan untuk mengelola keuangannya mengingat banyak yang harus mereka lakukan. Di sinilah teknologi AI kami membantu mereka untuk menabung,” ungkap Vishal dalam Road to CNBC Indonesia Awards 2023 Best Digital Banks, Selasa (7/11/2023).

Melalui pemanfaatan AI, ungkap Vishal, Amar Bank menciptakan produk yang membantu nasabah generasi muda dalam menabung secara konsisten. Contohnya adalah dengan fitur ‘Celengan’ yang bisa digunakan nasabah untuk menaruh dana dengan berbagai tujuan.

Di samping itu, bank digital dengan tagline tagline ‘save now, spend later’ ini juga merilis produk inovatif Brankas yang menawarkan keamanan bagi para nasabah. Sehingga mereka tidak khawatir ketika menaruh dananya di bank digital.

“Karena jika sesuatu terjadi, mereka khawatir tabungan yang sudah lama mereka simpan akan hilang. Atau jika ponsel mereka hilang dan kata sandinya diretas, apa yang akan terjadi? Kekhawatiran ini wajar. Kami membuat produk bernama Brankas. Jika nasabah kehilangan ponsel, lupa kata sandi, kehilangan kartu debit dan kata sandinya, uang yang ada di Brankas tidak bisa ditarik,” papar dia.

Untuk diketahui, Amar Bank juga menawarkan kolaborasi embedded banking dan financing yang bersifat plug-and-play untuk pemain non-bank. Hal ini memungkinkan mitra AMAR dapat menyediakan layanan perbankan kepada konsumen mereka seperti pembayaran, pengajuan pinjaman atau account checking, di dalam aplikasinya.

Baca Juga  Ini Alasan BEl Beri Peluang Perusahaan Rugi Maju IPO

Kolaborasi ini menyasar untuk melayani beragam industri, termasuk P2P, Agrikultur, Logistik, e-commerce, dan lainnya. Beberapa produk dan layanan keuangan yang ditawarkan mencakup built-in banking features, configurable properties, banking standard security, dan pre-approved credit limit for platform users.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Industri Halal Digemakan, Perbanas Beri Evaluasi Ini

(rah/rah)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *