Sam-Bankman Fried Bersalah! Investor Kabur, Kripto Ambruk

Jakarta, CNBC Indonesia Pasar kripto melemah serentak dalam 24 jam terakhir di tengah kabar buruk Pendiri FTX, Sam-Bankman Fried yang dinyatakan bersalah. Alhasil pasar merespon negatif.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Jumat (3/11/2023) pukul 13.35 WIB, pasar kripto mayoritas melemah. Bitcoin turun 2,04% ke US$34.543,92 meskipun secara mingguan masih merangkak naik 1,21%.

Ethereum berada di zona negatif 2,16% dalam 24 jam terakhir namun dalam tujuh hari terakhir naik tipis 0,36%. Solana ambles 8,42% secara harian kendati secara mingguan masih melonjak tinggi 19,34%. Berbeda halnya dengan Cardano yang berada di zona penguatan 4,10% dalam 24 jam terakhir dan secara mingguan masih terbang 11,45%.



CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital turun 1,95% ke angka 1.388,47. Open interest terdepresiasi 4,55% di angka US$30,12 miliar.

Sementara dilansir dari Alternative.me, bitcoin fear & greed index tercatat berada di posisi 65 yang mana merupakan kategori greed atau lebih rendah dari hari kemarin (2/11/2023) yang berada di angka 72 dengan kategori greed juga.

Fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 72 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase greed/optimis dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Adapun sentimen datang dari Pendiri FTX Sam Bankman-Fried diputuskan bersalah oleh juri di pengadilan. Juri menyatakan bahwa ia terbukti bersalah dalam tujuh kejahatan termasuk penipuan transaksi elektronik dan pencucian uang.

Semua kejahatan yang dibebankan kepada SBF terkait dengan bursa FTX yang ia dirikan berdampingan dengan perusahaan perdagangan kripto Alameda Research.

Baca Juga  Sri Mulyani Dukung Ide Pengembangan KUR dari Bos BRI & Wamen BUMN

Juri memutuskan Bankman-Fried dengan sengaja melakukan tindak kriminal dalam penggunaan dana nasabah FTX kemudian menggunakannya untuk membeli properti mewah, investasi di startup lain, membayar sponsor, donasi politik, hingga menutup kerugian di Alameda.

Hal ini membawa dampak negatif kepada industri kripto dan berdampak pada penurunan mayoritas harga kripto hari ini.

Salah satu koin yang terdampak sangat signifikan yakni Solana. Dilansir dari coindesk.com, setelah harga naik sekitar dua kali lipat selama lebih dari dua minggu terakhir, SOL telah sedikit ambruk cukup signifikan hari ini (3/11/2023).

Longsornya koin Solana terjadi setelah banyak pengamat mempertanyakan masa depannya menyusul ledakan bursa FTX Sam Bankman-Fried dan perusahaan perdagangan Alameda Research hampir setahun yang lalu. Bankman-Fried dan perusahaannya adalah investor besar di ekosistem Solana.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Investor Kripto Bangun!!! Era Kelam Bakal Lama Nih

(rev/rev)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *