Pasar Bersorak Prabowo Menang, Rupiah Bikin Dolar AS Bertekuk Lutut


Jakarta, CNBC Indonesia-Kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden 2024 membawa dampak positif pada nilai tukar Rupiah hari ini. Mata uang garuda ditutup menguat 0,35% di angka Rp15.655/US$. Posisi ini merupakan yang terkuat sejak 15 Maret 2024.

“Investor juga menyoroti terkait hasil Pemilu dari KPU terkait kemenangan Prabowo-Gibran,” kata Staf Bidang Ekonomi, Industri, dan Global Markets dari Bank Maybank Indonesia Myrdal Gunarto, Kamis (21/3/2024).

Myrdal mengatakan hasil pemilihan legislatif ikut menopang sambutan positif pasar terhadap kemenangan Prabowo-Gibran. Hasil Pileg, kata dia, memperlihatkan partai pendukung pasangan nomor urut 2 akan menjadi mayoritas di parlemen.

“Ini menyebabkan euforia dari investor global,” kata dia.

Meski demikian, Myrdal berkata kondisi rupiah hari ini juga sangat dipengaruhi 2 faktor lain. Kedua faktor itu adalah pernyataan The Fed yang memberikan sinyal penurunan suku bunga sebanyak 3 kali tahun ini. Keputusan Bank Indonesia mempertahankan BI Rate di 6%, kata dia, menjadi faktor lain penopang rupiah hari ini.

Sementara itu, Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan penguatan rupiah lebih ditopang oleh pernyataan The Fed dalam FOMC Meeting. Dia menilai sikap The Fed yang menegaskan kemungkinan pemangkasan Fed Fund Rate sebanyak 3 kali pada tahun ini membuat dollar melemah.

“Seperti diduga, mayoritas mata uang Asia menguat setelah FOMC Meeting,” kata dia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Efek Prabowo-Gibran, IHSG Bakal Tembus 7000?

(rsa/mij)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Direktur Astra (ASII) Johannes Loman Resign, Ini Alasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *