Investor ‘Chip In’ ke Kripto, Pasar Terapresiasi

Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar kripto berada di zona positif dalam 24 jam terakhir didorong dengan optimistis. Merujuk dari CoinMarketCap pada Selasa (31/10/2023) pukul 07.06 WIB, Bitcoin melemah tipis 0,22% ke US$34.483,3 dan secara mingguan masih naik 4,53%.

Ethereum menguat 0,71% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir menguat 2,55%. XRP merangkak naik 3,81% secara harian sementara secara mingguan juga berada di zona positif 5,52%.

Begitu pula dengan Solana yang berada di zona positif 6,15% dalam 24 jam terakhir serta secara mingguan terbang 9,91%.



CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 0,36% ke angka 1.385,33. Open interest terapresiasi 0,56% di angka US$30,57 miliar.

Sementara dilansir dari Alternative.me, bitcoin fear & greed index tercatat berada di posisi 66 yang mana merupakan kategori greed atau lebih rendah jika dibandingkan dengan hari kemarin (30/10/2023) yang berada di angka 68 dengan kategori greed juga.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 72 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase greed/optimis dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dilansir dari Cryptostate.com, arus masuk ke produk investasi kripto naik ke level tertinggi dalam 15 bulan di tengah optimisme baru-baru ini seputar antisipasi persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin (BTC) di AS.

Dalam laporan mingguan terbarunya, CoinShares mengungkapkan bahwa produk investasi kripto mencatat arus masuk sebesar US$326 juta minggu lalu, terbesar sejak Juli 2022.

Masuknya ini menandai investasi minggu kelima berturut-turut dalam produk kripto. Hasilnya, arus masuk dari minggu sebelumnya telah meningkatkan total arus masuk bulanan menjadi sekitar US$484 juta. Selain itu, hal ini telah mendorong keseluruhan aset yang dikelola menjadi US$37,8 miliar, yang merupakan titik tertinggi sejak Mei 2022.

Baca Juga  IHSG Hijau Kala Pemilu, Asuransi Tambah Investasi Saham?

James Butterfill, analis senior CoinShares, mengaitkan periode arus masuk berkelanjutan ini dengan “meningkatnya optimisme investor bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) siap menyetujui ETF Bitcoin berbasis spot.”

Bitcoin tetap menjadi penerima manfaat utama dari arus masuk ini, menghasilkan US$296 juta, yang merupakan sekitar 90% dari total investasi selama seminggu terakhir. Selain itu, produk investasi BTC pendek juga menghasilkan arus masuk sekitar US$15 juta karena peningkatan kinerja harga aset digital teratas baru-baru ini menarik investor yang berpikir bahwa reli mungkin tidak akan berlanjut.

Sementara itu, Solana terus menantang dominasi Ethereum sebagai altcoin pilihan investor, mencatat arus masuk US$24 juta minggu lalu.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Lagi-Lagi Gegara SEC, Pasar Kripto Tercekik

(rev/rev)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *