Ini Bukti PTBA Konsisten Jalankan Good Mining Practice

Jakarta, CNBC Indonesia РPT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, berhasil meraih 5 Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik (Good Mining Practice/GMP) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Empat penghargaan diperoleh PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim, yaitu Penghargaan Aditama kategori Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara, Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, serta Penghargaan Utama kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

Sementara itu satu penghargaan lainnya yakni Penghargaan Pratama kategori Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara untuk PTBA Unit Pelabuhan Tarahan.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan ucapan selamat kepada perusahaan-perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang berhasil mendapat penghargaan.

“Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para perusahaan pertambangan dan perusahaan jasa pertambangan yang melakukan upaya untuk menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik,” kata Arifin dalam siaran pers, Jumat (29/9/2023).

Industri pertambangan, kata Arifin, saat ini tengah dihadapkan pada berbagai tantangan. Di antaranya tuntutan transparansi dan akuntabilitas yang semakin tinggi, kerusakan lingkungan dan pemanasan global, transisi energi, fluktuasi harga komoditas, hingga cadangan yang semakin terbatas.

Untuk menghadapi tantangan-tantangan itu, penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik harus terus diperkuat. Kaidah teknik pertambangan meliputi aspek-aspek teknik dan lingkungan, yaitu Pengelolaan Teknis Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Penerapan Konservasi Mineral dan Batubara, dan Pengelolaan Standarisasi serta Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Dengan diterapkannya kaidah teknik pertambangan yang baik, diharapkan kegiatan pertambangan dapat berlangsung efektif, efisien, aman, dan ramah lingkungan,” tegas dia.

Baca Juga  Begini Kabar Terbaru Pembayaran Polis Korban Asuransi Wanaartha

Sementara itu, Direktur Operasi & Produksi PTBA Suhedi menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah. Ia menegaskan komitmen PTBA untuk konsisten mengimplementasikan praktik pertambangan yang baik.

“Apresiasi ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik dalam setiap kegiatan operasional,” kata Suhedi.

Menurut dia, praktik pertambangan yang baik merupakan salah satu kunci untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060 yang ditetapkan pemerintah. Berbagai upaya itu, antara lain reklamasi lahan bekas tambang, rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS), elektrifikasi peralatan pertambangan, hingga digitalisasi pertambangan telah dilakukan PTBA.

Kata dia, kaidah teknik pertambangan yang baik juga menjadi bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan, serta meningkatkan kontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional.

“Dengan begitu, PTBA dapat menjadi penyedia sumber energi bagi pembangunan dan semakin menyejahterakan masyarakat,” ujar Suhedi.

Sebagai informasi, penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Pertambangan dan Energi ke-78 yang jatuh pada 28 September 2023.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


PTBA Mau Bagikan Dividen Jumbo, Sahamnya Melesat Nyaris 10%

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *