Deretan Sektor Saham yang Bawa Cuan di Tahun Politik


Jakarta, CNBC Indonesia Momen pemilihan umum (pemilu) diramal bakal membawa berkah bagi sejumlah sektor ekonomi, terutama konsumer dan media. Sentimen ini memberikan peningkatan pada pendapatan yang juga berimplikasi positif ke bottom line atau laba bersih.

Sektor konsumer menjelang pemilu biasanya akan memanen keuntungan karena periode kampanye turut menggairahkan konsumsi masyarakat. Sejalan dengan itu, masa kampanye di triwulan akhir tahun ini bersamaan dengan seasonality natal dan tahun baru.

Financial Expert CNBC Indonesia Olivia Louis juga menilai ketika pemilu perputaran uang (M1) mulai naik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas konsumsi berpotensi meningkat.

“Salah satu alasannya tentu karena belanja Pemilu yang juga kian digenjot mulai akhir tahun hingga kuartal I/2024. Oleh karena itu, investor juga bisa melirik saham-saham sektor konsumer layaknya INDF, ICBP maupun retailer,” ungkap Olivia, Jumat (29/12/2023).

Sedangkan sektor media biasanya juga akan mendapatkan berkah, lantaran perannya sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi bagi para kandidat partai politik dan masyarakat.

 

Kerap kali, emiten media akan diperlukan untuk sarana komunikasi dan perkenalan diri bagi para calon pemimpin. Dengan begitu, ekspektasi pendapatan dari iklan potensi bisa meningkat dibandingkan hari biasanya.

Rupanya tak hanya media dan konsumer yang kebagian berkah dari pemilu. Sektor infrastruktur dan konstruksi juga kerap mendapatkan perhatian lebih selama tahun politik.

Alasannya, pemerintah seringkali meningkatkan investasi dalam proyek-proyek infrastruktur untuk mendapatkan dukungan politik dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Olivia juga mengimbau investor untuk memperhatikan visi dan misi tiap paslon karena akan mempengaruhi arah kebijakan dan APBN ketika terpilih. Apabila paslon yang pro IKN terpilih, ungkap dia, tentu akan ada banyak proyek properti.

Baca Juga  Laba Bersih Boleh Merosot, Dividen Aramco Tetap Jumbo

Selain itu sektor properti berpotensi mendapat tambahan angin segar dari potensi penurunan suku bunga yang mungkin saja terjadi pada semester II-2024.

“Bertumbuhnya sektor properti juga akan memberikan multiplier effect untuk sektor pendukung lainnya misalnya seperti sanitary,” papar dia.

Sektor lainnya adalah telekomunikasi mengingat penggunaan media sosial dan internet menjadi semakin penting selama kampanye politik. Oleh karena itu, perusahaan telekomunikasi bisa mengalami peningkatan permintaan selama tahun politik.

Tidak hanya sektor saham yang punya potensi cuan selama tahun politik, saham-saham milik para pengusaha yang merangkap sebagai politisi juga biasanya ikut terkerek ke atas selama periode itu. Tentu ini bukan tanpa alasan, karena pelaku pasar yang suka berasumsi dan berekspektasi bahwa posisi yang diduduki politisi bisa mempermudah bisnis perusahaan miliknya.

Berkah yang didapat dari sektor-sektor itu kemudian menjadi katalis positif bagi pergerakan harga saham. Di mana katalis ini pun bisa dimanfaatkan pelaku pasar untuk mendulang keuntungan.

Untuk meraih cuan melalui investasi saham, investor bisa menggunakan InvestasiKu dari PT Mega Capital Sekuritas. InvestasiKu sebagai aplikasi investasi saham, obligasi, reksa dana serta perencanaan keuangan dilengkapi dengan Fitur Trading Idea dan Eduvest.

InvestasiKu merupakan produk yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Adapun sejumlah keunggulan InvestasiKu, mulai dari aplikasi yang praktis, tampilan yang simple, transaksi mudah hingga adanya edukasi, dan sederet manfaat lainnya.

 

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


4 Tips & Langkah Praktis Menuju Kesejahteraan Finansial

(rah/rah)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *