Deal! Menteri ESDM Setujui Divestasi Saham Vale, Ini Bocoran Harganya


Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membeberkan keputusan akhir mengenai akuisisi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh Holding BUMN Tambang MIND ID sudah mencapai kesepakatan.

Ia memastikan, kedua perusahaan telah sepakat mengenai harga saham yang dilepas sebesar 14%. Nilai akuisisi saham disepakati di bawah harga saham Vale saat ini atau sekitar Rp 3.000 per lembar saham.

“Di bawah itu (harga saham Vale), intinya Rp 3.000-an lebih sedikit,” ungkap Arifin di Kantor Ditjen Migas, Jakarta, Jumat (16/02/2024).

Arifin menyebut, harga tersebut sudah mencakup diskon dari harga pasar. Ia pun mengungkapkan bahwa finalisasi divestasi saham Vale akan segera diumumkan dalam waktu beberapa hari ke depan.

“Kita berharap dalam beberapa hari ini (diteken). Kita tunggu kan beberapa hari ini, mudah-mudahan hari Senin (19/02/2024) bisa rampung, timnya lagi kerja. Sabar,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir pernah menyampaikan perihal negosiasi harga divestasi saham 14% yang akan dilepas oleh PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kepada Holding Industri Pertambangan MIND ID. Ia meminta harga divestasi 14% itu bisa didapat dengan harga semurah-murahnya.

“Kan kita masih negosiasi. Ya negosiasi harga semurah-murahnya gitu,” ujar Erick saat ditemui di sela acara peluncuran Komitmen Pendanaan (CIPP) Just Energy Transition Partnership (JETP), di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Seperti diketahui, divestasi Vale ini merupakan salah satu syarat agar Kontrak Karya (KK) PT Vale Indonesia yang akan berakhir pada Desember 2025 bisa diperpanjang menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Baca Juga  Rahasia Lo Kheng Hong Punya Gaji Sejuta Bisa Beli Rumah Elite

Kepemilikan saham MIND ID di PT Vale di Indonesia Tbk (INCO) saat ini baru sebesar 20%, dan sekitar 21,18% saham INCO dimiliki publik, tersebar di pasar saham Indonesia. Artinya, jika penambahan saham hanya 14%, maka MIND ID akan memiliki 34% saham Vale.

Sementara, pemegang mayoritas saham Vale sendiri saat ini dipegang oleh Vale Canada Limited (VCL) dengan komposisi 43,79% saham, kemudian Sumitomo Metal Mining Co. Ltd (SMM) sebesar 15,03%.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


RI Dapat Tambahan 14% Saham Vale, Apa Untungnya?

(wia)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *