Cucu Soeharto Turun Gunung! Bangun Lapangan Golf Rp 1,2 T, Jajaki IPO


Jakarta, CNBC Indonesia – Cucu Presiden kedua Republik Indonesia (RI) Soeharto yang merupakan putra Tommy Soeharto, Darma Mangkuluhur Hutomo turun gunung mewarisi bisnis hospitality keluarga cendana. Menjabat sebagai Komisaris, dirinya menjajaki grup bisnisnya, PT Intra Golflink Resorts (IGR) untuk mencari pendanaan di pasar modal dan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Kami belum bisa disclose (waktunya kapan), namun setiap opsi pendanaan kami terbuka, baik dari internal maupun eksternal,” ujar Darma.

IGR dikatakan akan melakukan ekspansi bisnis yang mencakup pengembangan lapangan golf baru disertai dengan pembangunan sejumlah proyek residensial dan komersial di sekitar area lapangan golf yang dimiliki.

Salah satunya membangun lapangan golf baru di Sentul, Bogor dengan luas sebesar 70 hektare. Selain itu, IGR juga akan membangun 13 cluster residensial di atas lahan golf lama, Palm Hills Golf, Bogor dengan luas 94 hektare.

Untuk itu, pihaknya menganggarkan dana investasi senilai Rp 1,2 triliun hingga 2027. Dari total dana tersebut, 40% akan digunakan untuk pengembangan bisnis di kawasan Sentul, sementara 60% sisanya akan dialokasikan untuk membangun luxury golf dan vila di Bali. 

Saat ini total aset yang dimiliki oleh IGR senilai Rp 7 triliun. IGR merupakan pemilik dan pengelola sejumlah lapangan golf di Indonesia, yakni Palm Hills Golf Club Bogor, New Kuta Golf Bali, dan Black Rocks Golf Belitung.

Sementara untuk pendapatan perusahaan, pada 2023 nilainya mencapai Rp 100 miliar atau tumbuh 40% dibanding tahun sebelumnya. Untuk tahun 2024, perusahaan menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 20%.

Di sisi lain, untuk proyek residensial, IGR menggandeng pengembangan Trinity Land, yang hingga tahun 2027 nilai investasinya dikatakan mencapai Rp 1,3 triliun di Sentul. Secara total, perusahaan memiliki land bank seluas 300 hektare di Bali, Sentul dan Belitung

Baca Juga  Erick Thohir Targetkan Dividen BUMN Tembus Rp 85 Triliun

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Emiten Tommy Soeharto Beli Kapal Tanker Rp 93 M, Buat Apa?

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *