CT Beberkan Tantangan Ekonomi Tahun Ini, Ada 4 Isu


Jakarta, CNBC Indonesia – Chairman CT Corp Chairul Tanjung menjabarkan tantangan perekonomian tahun ini, mulai dari sisi global hingga sektor keuangan di dalam negeri. 

Dia mencatat ada empat isu yang menjadi tantangan ekonomi Indonesia tahun ini. Pertama datang dari kondisi global, di mana tensi geopolitik masih panas.

“Keadaan sekarang ini tidak mudah karena sekarang berada dalam keadaan global yang gloomy yang penuh tantangan,” katanya dalam CNBC Economic Outlook 2024, Kamis (29/2/2024).

CT menilai kondisi global saat ini seperti lautan dengan gelombang tinggi dan interaksi antara Indonesia dengan negara-negara lain tidak dapat dipisahkan. 

“Permasalahan geopolitik menjadi isu serius yang kita hadapi. Rusia-Ukraina tidak atau belum selesai, muncul lagi masalah Hamas dengan Israel,” katanya. 

Selain itu, CT juga menyorot soal financial stress yang menyebabkan supply and demand sektor keuangan terganggu. 

“Suku bunga bank di Amerika meningkat yang mengakitbatkan suku bunga di dunia meningkat,” katanya. 

Sementara itu, lanjut CT, masalah lingkungan juga semakin serius. Menurutnnya tantangan ini tiap tahun bukan berkurang, tetapi malah meningkat.

Terakhir, tantangan selanjutnya adalah distribusi teknologi, di mana chat GPT disebut-sebut dapat menggantikan manusia dan mengurangi penyerapan tenaga kerja. “Belum lagi robotisasi, transformasi yang kita tidak siap menjadi masalah berikutnya,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: Chairul Tanjung Ungkap Tantangan Ekonomi Indonesia di 2024

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Baca Juga  BTPN Bakal Rights Issue Rp6,73 T, BCA Ambil 26,68 Juta Saham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *