Catat, Ini 5 Chart Candlestick yang Bisa Bikin Trader Saham Cuan


Jakarta, CNBC Indonesia – Selain analisis fundamental, investor saham juga bisa mempertimbangkan aksi jual belinya melalui analisis teknikal. Di analisis teknikal, terdapat indikator penting yaitu pola chart candlestick.

Menurut laman sikapi uangmu OJK, sejarah candle stick dimulai sejak abad ke-18, ketika Munehisa Honma, seorang trader komoditas beras Jepang yang menciptakan alat ini. Lalu, Melalui bukunya yang terkenal, “Japanese Candlestick Charting Techniques”, Steven Nison membawa konsep ini ke dunia barat, merambah ke meja para investor global.

Metode ini bukan hanya mencatat harga saham dari waktu ke waktu, tetapi juga membawa sentimen investor dan menawarkan wawasan mendalam tentang pergerakan pasar di masa depan.

Candlestick charting menawarkan visualisasi yang kuat tentang harga tertinggi, terendah, pembukaan, dan penutupan saham dalam periode tertentu. Dalam analisis teknikal, ini membantu investor untuk menemukan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar dari pasar, mengikuti arus sentimen investor.

Namun, keberhasilan dalam memahami pola candlestick bergantung pada pemahaman yang mendalam dan pengalaman yang matang dari seorang trader atau investor. Meskipun analisis candlestick merupakan alat yang kuat dalam panduan investasi, penggunaannya memerlukan intuisi subjektif trader dan investor.

Namun, dengan pengalaman yang matang, analisis ini dapat menjadi salah satu strategi yang konsisten dalam mendapatkan keuntungan di pasar saham yang dinamis.

Berikut berbagai pola candlestick yang perlu dicermati dan berpotensi memberikan keuntungan, menurut Thomas Bulkowski, penulis dan trader terkemuka dalam bukunya “Encyclopedia of Candlestick Charts”, dikutip dari Investopedia:

1. Pola Evening Star dan Morning Star

2. Pola Candlestick Abandoned Baby

3. Pola Candlestick Three Black Crows

Baca Juga  Sekuritas Kresna Michael Steven Gagal Bayar, BEI Buka Suara

4. Pola Candlestick Three Line Strike

5. Pola Candlestick Two Black Gapping

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Simak Rahasia Cuan dari 5 Momentum Pasar Modal

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *