BRI Optimistis UMKM Bisa Bawa RI Jadi Negara Maju


Jakarta, CNBC Indonesia– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menilai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa membawa Indonesia menjadi negara maju. Hal ini mengingat besarnya kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB).

Terakhir, kontribusi UMKM tercatat mencapai 61% terhadap PDB atau senilai dengan Rp 9.580 triliun. Bahkan kontribusi UMKM terhadap penyerapan tenaga kerja telah mencapai sebesar 97% dari total tenaga kerja.

“Rasanya kita punya optimisme, 10 tahun ke depan kita akan jadi negara maju dengan tetap kontribusi PDB di 2034 nanti dari UMKM,” kata Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Supari memaparkan optimisme ini datang mengingat BRI terus memberikan dukungannya terhadap UMKM. Salah satunya adalah dengan memberikan akses layanan keuangan yang menjangkau kalangan UMKM, bahkan skala mikro.

“BRI punya kapabilitas luar bisa untuk melakukan penetrasi semakin dalam dengan goal menambahkan jumlah UMKM. Di samping itu BRI punya kapabilitas berkolaborasi dengan swasta supaya UMKM BRI bisa masuk rantai pasok,” tegas Supari.

Untuk itu, BRI dan pihak swasta perlu melakukan perluasan infrastruktur dalam meningkatkan produktivitas UMKM. Intervensi pemerintah juga diperlukan sehingga UMKM lebih mudah dalam meningkatkan produktivitasnya.

“Bukan kami terganggu kebijakan pemerintah, tapi perlu perhatian di sana-sini,” tutur Supari.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Dirut BRI: Mesin Pertumbuhan Ekonomi RI Ada di Grass Root

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Analisis Penyebab Saham GOTO Jatuh ke Level Terendah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *